Salah satu fitur penting smartphone dengan OS Xiaomi adalah Mi Cloud atau Mi Account, yang menghubungkan sistem smartphone Xiaomi dengan server pusatnya di Cina, sekaligus memberi fasilitas keamanan yang cukup handal. Sayangnya, terkadang ada yang meremehkan Mi Acccount ini, sehingga muncul kasus akun Xiaomi terkunci, atau This Device is Locked.
Apple iOS memiliki iCloud sebagai standar keamanan untuk iPhone dan iPad, yang menjamin perangkat iOS tersebut aman privasinya, sekaligus membantu penggunanya masih bisa menemukan sekaligus mengunci perangkat mereka seandainya hilang atau dicuri. Demikian juga dengan Xiaomi yang memiliki Mi Cloud (bisa diakses melalui https://i.mi.com), yang menjadi bagian fitur Mi Account.
Mi Account, atau Akun Mi ini begitu penting bagi pengguna smartphone Xiaomi. Bahkan ketika pertama memiliki smartphone Xiaomi, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat Akun Mi ini. Ada alasannya, karena fungsinya memang sangat penting.
Bukan sekadar cloud storage (disediakan gratis 5GB) untuk menyimpan foto, video, sinkronisasi kontak, mencadangkan catatan penting, media paling baper karena bisa memunculkan kembali SMS lama bareng mantan, hingga yang kerap disepelekan, Find Device (untuk menemukan lokasi dimana Xiaomi yang hilang), serta mengunci Xiaomi yang terhubung dengan Akun Mi tertentu.
Fungsi terakhir tersebut yang kerap akan kami angkat kali ini. Smartphone Xiaomi yang terhubung Akun Mi, terutama yang sudah MIUI 8 dan kemudian dijual, atau mungkin hilang, maka kemungkinan besar akan terkunci ketika digunakan dengan kartu SIM yang berbeda. Bahkan status Akun Xiaomi Terkunci Mi Cloud (ditandai dengan tulisan This Device is Locked) ini pun sampai pada taraf yang tidak mungkin ditembus meskipun dengan melakukan install ulang software-nya.
Selain karena digunakan dengan kartu SIM yang berbeda (masalah umum jika pengguna menggunakan kartu SIM dengan paket data yang sekali habis langsung dibuang), masalah akun Xiaomi terkunci Mi Cloud ini juga bisa terjadi karena pengguna melupakan password Akun Mi mereka. Namun hal itu bisa dengan mudah diatasi dengan me-reset password melalui laman i.mi.com.
Lain ceritanya jika smartphone tersebut dibeli dari orang lain, yang ternyata lupa di-sign out, dan mungkin saja pemilik sebelumnya juga enggan membantu membukanya dengan alasan apa pun. Pasti menyusahkan bukan, karena di-flash ulang software-nya pun tidak membuahkan hasil.
Lain ceritanya jika smartphone tersebut dibeli dari orang lain, yang ternyata lupa di-sign out, dan mungkin saja pemilik sebelumnya juga enggan membantu membukanya dengan alasan apa pun. Pasti menyusahkan bukan, karena di-flash ulang software-nya pun tidak membuahkan hasil.
Sebenarnya ada satu cara yang 100% berhasil untuk mengatasi masalah akun Xiaomi terkunci, yaitu dengan cara menghubungi layanan purna jual resmi Xiaomi di Indonesia. Dan lebih baik lagi, ternyata Xiaomi Indonesia juga bisa membantu masalah akun Xiaomi terkunci ini meskipun smartphone yang kalian gunakan bukan resmi yang dijual Xiaomi Indonesia, alias, bergaransi distributor. Bagaimana caranya?
Ada beberapa cara bagaimana kalian bisa menghubungi Xiaomi Indonesia. Baik itu melalui email yang dikirim ke service.id@xiaomi.com, menghubungi call center-nya di 0800-1-401558, melalui chat di http://www.mi.com/id/service/online/, akses website-nya di http://www.mi.com/id, dan bahkan bisa juga melalui Facebook di https://www.facebook.com/XiaomiIndonesia. Namun kami sarankan kalian menghubungi melalui email atau chat saja.
Apa yang Harus Dilakukan?
Ketika kalian mengirimkan masalah akun Xiaomi terkunci tersebut ke layanan Xiaomi Indonesia, tuliskan kronologis kejadiannya, disertai lampiran foto yang memperlihatkan smartphone Xiaomi dengan tampilan terkunci (ditandai dengan tulisan This Device is Locked), dusnya, kartu garansinya (tetap disertakan pada fotonya jika itu garansi distributor), data IMEI-nya, serta nota pembelian.
Berikut ada dua contoh foto yang seharusnya dilampirkan ketika akan mengirim email ke Xiaomi Indonesia:
Untuk melengkapinya, ketika dalam tampilan “This Device is Locked,” ketuk logo kunci tersebut berulang kali sampai muncul 12 digit kode konbinasi angka dan huruf di bawahnya. Foto smartphone kalian dengan tampilan seperti di atas, ketika namun dengan memunculkan kode 12 digit seperti ini:
Selanjutnya kirimkan email tersebut ke Xiaomi Indonesia. Kode 12 digit tersebut yang dibutuhkan untuk membuka Akun Mi yang terkunci. Biasanya respon Xiaomi Indonesia seperti berikut ini. Lengkapi juga data yang dibutuhkan jika belum disampaikan dalam email sebelumnya.
Ini Juga Syarat Tambahan yang Penting
Setelah semuanya kalian penuhi, tinggal menunggu waktu saja sampai smartphone Xiaomi kalian yang terkunci akan dibuka kuncinya oleh Xiaomi. Namun selama menunggu tersebut, ada satu hal penting yang harus kalian lakukan, jaga agar Xiaomi yang terkunci tersebut tetap terhubung ke internet. Jika kalian tidak sempat menghubungkannya ke hotspot, masukkan saja kartu SIM yang memiliki akses data minimal koneksi 3G, sehingga smartphone Xiaomi yang terkunci tersebut bisa dijangkau oleh server Xiaomi.
Apakah Cara Ini Bisa Dilakukan Pada Xiaomi Curian?
Tentu saja tidak bisa. Salah satu cara mutlak agar bisa mendapatkan ijin membuka kembali masalah akun Xiaomi terkunci ini adalah adanya dus, data IMEI, nota pembelian dan juga kartu garansinya, seperti terlihat pada foto di atas. Tidak mungkin berusaha membuka smartphone Xiaomi curian yang terkunci akun Mi menggunakan cara legal seperti di atas.
Apakah ada cara yang tidak legal untuk membuka akun Mi yang terkunci? Ada, seandainya smartphone tersebut tipe Xiaomi lama yang masih memiliki software MIUI 7. Namun untuk tipe-tipe baru Xiaomi, sepertinya sudah lebih ketat pengamanannya, bahkan banyak yang menganggap sudah setara iCloud-nya Apple sistem keamanan Mi Account ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar